Pilih SMA atau SMK setelah Lulus SMP atau MTs? – Pilihanmu Sekolahmu menentukan Masa depanmu!

Pilih SMA atau SMK setelah Lulus SMP/MTs? – Pilihanmu Sekolahmu menentukan Masa depanmu!

Jaman terus berputar jumlah SMK dulu tidak sebanyak saat ini, sekarang SMK ada dimana mana dengan beragaam jurusan keahlian yang salah satu tujuannya adalah menciptakan SDM terampil dan siap kerja, walau kenyataannya sekarang lulusan SMK menjadi penyumbang terbesar pengangguran, percaya ga sih? Coba googling aja ”penganguran lulusan SMK, pengangguran di Bogor lulusan SMA ada di peringkat ke dua setelah lulusan SMK, terus orang tua yang tadinya ingin anak nya segera mendapatkan pekerjaan selepas SMK jadi bingung, suer..

Tulisan ini mencoba memberi sedikit gambaran kepada orang tua siswa atau siswa/I lulusan SMP/MTs untuk memilih SMA atau yang keduanya memang memiliki kelebihan masing-masing, di tulisan ini hanya membandingkan SMA dan SMK tidak membandingkan dengan yang lain seperti Madrasah Aliyah atau Pondok Pesantren.

 Gambaran SMA (Sekolah Menengah Atas)

Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah salah satu bentuk Satuan Pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs. (Permendikbud No 6 Tahun 2019)

SMA adalah satuan pendidikan setelah jenjang SMP sederajat yang mengedepankan kemampuan teoritis siswa. SMA hanya memberikan mata pelajaran umum yang dipelajari secara mendalam, maka dari itu lulusan SMA sebenarnya wajib untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi (Universitas).

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. ( UU Nomor 20 Tahun 2013, Pasal 18 ayat [3]). Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. (UU Nomor 20 Tahun 2013, Penjelasan Pasal 15).

KEUNGGULAN

 SMA (Sekolah Menengah Atas)

  • Lebih mengedepankan teori, sehingga rata-rata lulusannya memperoleh nilai ujian dan pengetahuan yang bagus dan memuaskan.
  • Peluang untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi lebih terbuka, karena kemampuan akademis yang dimiliki lebih menonjol dan seimbang.

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

  • Lebih mengedepankan praktik kejuruan, sehingga rata-rata lulusannya sudah memiliki keahlian (skill) dalam suatu bidang.
  • Jika setelah lulus tidak melanjutkan kuliah, kemungkinan untuk menjadi pengangguran kecil karena lulusan SMK sudah dibekali kemampuan untuk siap masuk ke dunia kerja, walau realitasnya lulusan SMK saat ini menjadi penyumbang pengganguran nomor 1, ini karena persaingan dunia kerja, dunia kerja lebih sedikit dari tenaga kerja.
  • Adanya PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) dapat membentuk mental dan menambah pengalaman peserta didik dalam dunia kerja secara langsung. Sehingga, hal itu membuat peserta didik tidak kaget dalam menghadapi dunia kerja.

 KELEMAHAN

SMA (Sekolah Menengah Atas)

  • Jika orang tua tidak mampu membiayai peserta didik untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, maka akan membuntukan peserta didik menjadi mahasiswa (terkecuali jika mendapat beasiswa).
  • Jika tidak bisa untuk melanjutkan kuliah, dalam dunia kerja pun peserta didik akan sulit bersaing, karena di SMA belum dibekali ketrampilan khusus untuk memasuki dunia kerja secara langsung.

     SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

  • Jika peserta didik ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi, dia harus siap bersaing dan berusaha lebih keras lagi untuk mengimbangi mata pelajaran dasar SMA yang mungkin belum pernah diajarkan ketika di SMK.

 

INILAH TIP UMUM MEMILIH SMA ATAU SMK?

Piilihan kamu akan mempengaruhi kemana kamu akan melangkan dan sampai pada tujuan, pilihan kamu akan mempengaruhi masa depan kamu, Your are what you decide, you are what to do.. yakin! Inilah yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk memilih sekolah..

  1. Berdoa dan Berserah Diri hanya kepada sang pencipta, Allah SWT

Allah maha mengetahui segalanya, jika kita minta petunjuk kepada yang “mengetahui segalanya, pastilah petunjuknya benar” Berdoalah bahwa pilihan tersebut adalah pilihan yang terbaik. Berserah dirilah kepada Sang Pencipta untuk meyakinkan diri bahwa pilihan tersebut benar-benar berguna di masa depan.

  1. Kenali Bakat dan Minat

Bakat dan minat harus diketahui sedini mungkin karena hal itu sangat berperan dalam menentukan pilihan sekolah. Kesesuaian antara bakat dan minat juga berpengaruh dalam menjalankan berbagai aktivitas di sekolah.

  1. Konsultasikan dengan Orang tua atau Guru dan orang-orang yang berpengalaman

Ada pribahasa Two heads is better than one head (dua kepala (ide) lebih baik dari satu ide) Kalian harus mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan pilihan sekolah. Jika masih ragu dan bingung, cobalah bertanya pada orangtua atau guru kalian. Pasti ada solusi yang tepat karena orangtua dan guru pasti mengetahui pilihn yang terbaik untuk anaknya. Setelah bertanya, tariklah kesimpulan dari apa yang mereka sampaikan.

  1. Cari Referensi Sekolah

Ada kata bijak Alhakikatu bintul bahsi (hakikat/kebenaran itu ada setelah pembahasan) Jangan terburu-buru untuk memilih sekolah. Kita perlu mengetahui sekolah mana yang layak untuk kita tempati. Carilah referensi sekolah-sekolah dengan membaca pada brosur sekolah, searching di internet, atau bertanya langsung kepada kakak kelas yang bersekolah disana.

  1. Kuatkan Tekad dan Keyakinan

Tekad dan keyakinan harus kalian tumbuhkan sedini mungkin. Karena hal tersebut sangat berpengaruh dalam semangat belajar seseorang.

  1. Putuskan Pilihan Sekolah

Keputusan adalah hal yang sangat berperan penting dalam kehidupan di masa depan. Jadi, pikirkan matang-matang dan jangan sampai salah dalam memilih.

SAYA INGIN SEKOLAH DI SMA TAPI SETELAH LULUS INGIN PUNYA KETERAMPILAN/SKILL, APAKAH BISA?

 Hmmm bisa ga yaah?? Aga sulit sih… ingin two in one yaah

Guys …  SMA Taruna Andigha Bogor punya program yang kamu mau, sekolah di SMA tapi bisa punya keterampilan praktis yang lulusannya bisa melanjutkan kuliah sambil kerja atau berbisnis karena sudah dibekali life skill di sekolahnya seperti lulusan SMK.

Program Life Skill apa saya yang dipelajari :

  1. Digital Marketing/Internet Marketing
  2. Website Professional Practice
  3. Desain Grafis (CorelDraw dan Adobe Potoshop)
  4. SEO (Search Engine Optimzation) dan Copywriting
  5. Multimedia (Audio dan Video)
  6. Bisnis Online (Optimasi Website, Medsos dan marketplace)
  7. Medsos Optimization for Business
  8. Hydroponic, dll

Yakin ? lihat aja link nya http://sma-tarunaandigha.sch.id/smart-project

Dan guys yang lebih asyik lagi di SMA Taruna Andigha Bogor ada program Living English Laboratory yaitu pembelajaran bahasa Inggris praktis berbasis lingkungan sekolah_, lingkungan sekolah didesain sedemikian rupa sehingga kamu akan membaca, mendengar dan termotivasi untuk berbicara bahasa inggris dan ga sadah setelah tiga tahun kamu disana akan bisa _cas cis cus_ bahasa inggris dengan percaya diri.

Penasaran?, segera saja hubungi sekolah, atau kontak langsung dengan WA 0896-3186-1366 – 0878-0507-1993

Akhirnya Semoga kamu bisa punya solusi yaa..

Kita itu manusia merdeka yaah.. bebas memilih, mau SMA, SMK atau MA kita bebas memilih yang penting pilihan kita adalah pilihan atas landasan musyawarah (diskusi, cari referensi dll) dan Istiqarah (minta petunjuk Allah)

Yuk Salam Sukses

Berbagi di Whatsapp yuk
Author

SMA Taruna Andigha Bogor

SMA Taruna Andigha Bogor adalah Sekolah Menengah Atas Swasta berprestasi dan unggul di Kota Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalamu 'alaikum, ada yang bisa dibantu?

SMA Taruna Andigha Bogor, Siap Menerima Siswa/i baru - Mencetak Generasi Bangsa Cerdas, Kreatif dan Religius

Panitia PPDB 2020

Bu Tuti Sulasmi

Online

Admin PPDB 2020

Bu Nina Zuliana

Online

Bu Tuti SulasmiPanitia PPDB 2020/2021 - Kami Siap Melayani Anda

Assalamu 'alaikum ada Yang Bisa Kami Bantu? 00.00

Bu Nina ZulianaPanitia PPDB SMATA 2020 - Keep Smiling

Assalamu 'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00